Saka Nation Sebut Pemkab Tak Serius Jaring Calon Direksi PDAM Delta Tirta

  • Bagikan
Abd. Basith, Direktur Studi Advokasi Keuangan dan Aset (SAKA Nation)
Sidoarjo | Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo Sampai saat ini masih di jabat oleh Pejabat Sementara (PJS). Pengangkatan PJS tersebut dimulai dari bulan Mei tahun 2016 dan berakhir hingga bulan Juni 2016.
Pengangkatan PJS itu diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2007 Tentang Organ dan Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum dan Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 15 Tahun 2011 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sidoarjo.
“Pengangkatan pejabat sementara Direksi PDAM Delta Tirta mengalami kejanggalan, dari tahun 2016 sampai sekarang masih di jabat PJS artinya Pemerintah Daerah tidak mampu menyiapkan proses pengangkatan Direksi yang baru,” Kata Abd. Basith Direktur Studi Advokasi Keuangan dan Aset  (SAKA Nation) Kabupaten Sidoarjo, Rabu (19/2/2020).
Basith menambahkan, Pemkab seharusnya sudah menyiapkan penjaringan calon direksi untuk menggantikan direksi yang masa jabatannya akan berakhir, namun hal itu tak pernah dilakukan oleh pemkab mulai dari 2016.
“Iya, harusnya Pemkab sudah lakukan penjaringan calon sebelum masa jabatan direksi berakhir, masak di perbarui sampai 9 kali, kalau begini kan tidak ada niatan untuk memperbaiki PDAM,” imbuhnya.
Pihaknya menyayangkan, Pemkab tidak melihat perkembangan yang terjadi di Perusahaan Daerah yang dimilikinya sebagai pertimbangan proses penjaringan calon direksi.
“Lihat saja perkembangan PDAM seperti apa, memberatkan terhadap pelanggankah, stagnan, atau bahkan merugikan terhadap pelanggan atau lain-lain, itu harus menjadi pertimbangan juga oleh pemkab,” Pungkasnya. (mh/ip)
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!