Menjelang Pilkada, ASTI Jatim : Saatnya Generasi Milenial Pimpin Jember

  • Bagikan
Baihaki Siraj, Direktur ASTI Jatim
Jember | Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Jember menjadikan dinamika politik semakin dinamis, hal itu dibuktikan dengan banyaknya tokoh-tokoh yang mulai bermunculan untuk maju sebagai Cabup dan Cawabup serta siap bertarung dengan Incumbent (Bupati Faida) yang sudah secara tegas menyatakan kembali maju untuk priode kedua.

Dinamika politik ini mendapat perhatian dari pengamat Akurat Surve Terukur Indonesia (ASTI) Jawa Timur.  Menurut ASTI Jatim, Jember saat ini membutuhkan energi-energi muda untuk memimpin selama lima tahun kedepan.

“Kita mencermati dinamika politik di Jember, setelah melakukan penjajakan ke baberapa kelompok masyarakat, kebanyakan berharap muncul pemimpin dari kalangan pemuda yang menjadi Bupati atau Wakil Bupati Jember,” kata Baihaki Siraj, Direktur ASTI Jatim, Rabu (19/2/2020).

Baihaki melanjutkan, hal tersebut sangat beralasan karena saat ini beberapa daerah di Jatim yang sudah dipimpin oleh pemimpin muda banyak mengalami kemajuan yang sangat pesat.

“Bupati muda di Jatim terbukti banyak menorehkan prestasi, kita bisa lihat bagaimana kemajuan Banyuwangi di tangan Bupati Azwar Anas yang masih muda,” tandas Baihaki.

Tak hanya Banyuwangi, ada beberapa Kepala Daerah muda di Jatim yang sudah terbukti mampu melakukan geprakan dalam pembangunan di daerahnya. Seperti yang dilakukan oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Bupati Lumajang Toriqul Haq.

“Bahkan Wakil Gubernur Jatim, Mas Emil juga masih sangat muda, jadi sekarang sudah eranya Pemudalah,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, Partai Politik yang ada di Kabupaten Jember berani mencalonkan kader-kader mudanya sebagai Calon Bupati atau Calon Wakil Bupati.

“Partai harus beranilah mencalonkan kader mudanya, saya liat banyak kok kader-kader muda Partai yang potensial di Jember, dan mereka-mereka itu sangat layak berkontribusi membangun Jember lewat kursi Bupati atau Wakil Bupati,” harapnya.

“Intinya sudah saatnya pemuda diberi kesempatan memimpin Jember, dan bila itu terjadi saya yakin Jember akan semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, media Kaukus Pemuda Jember (KPJ) menyodorkan tujuh figur Milenial yang potensi dan layak maju sebagai Calon Bupati atau Calon Wakil Bupati Jember.

Pertama, Deni Prasetya, aktifis Ansor dan Anggota DPRD Jatim dari Nasdem;
Kedua, Ahmad Fawaid, politisi Garindra yang saat ini menjadi anggota DPRD Jatim;
Ketiga, Ahmad Hadinuddin, politisi Garindra, yang sekarang juga menjabat anggota DPRD Jatim;
Keempat, Ayub Junaidi, yang saat ini menjabat Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jember;
Kelima, Ivan Ariadna Wijaya, pemuda yang saat ini menggeluti dunia bisnis;
Keenam, Achmad Anis, Ia merupakan mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Jember sekaligus tokoh muda Muhammadiyah Jember; dan terakhir

Ketujuh, yaitu Abdussalam, Ia dikenal sebagai pengusaha properti Kabupaten Jember. (si/ip)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!