Tanggapi Curhatan Ortu Mahasiswa Jatim di China, Khofifah Upayakan Lekas Evakuasi

  • Bagikan
Khofifah saat bertemu orang tua mahasiswa Jatim yang kuliah di Wuhan (Foto: dok. Istimewa)
Surabaya | Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengundang beberapa orang tua mahasiswa asal Jatim yang berkuliah di China. Saat ini pihaknya mengupayakan proses evakuasi para mahasiswa yang melanjutkan studinya di China untuk kembali ke tanah air.
Beberapa orang tua mahasiswa yang diundang menangis dihadapan Khofifah saat bercerita. Mereka ingin pemerintah melakukan langkah strategis untuk memulangkan para mahasiswa sebelum terjangkit virus Corona.
“Saat video call, mereka mungkin ndak menangis seperti saya, tapi mereka mungkin menahan diri agar saya tegar di sini. Mungkin saya dianggap cengeng saya tidak peduli, karena ini yang saya rasakan,” kata Dirhan, salah satu orang tua mahasiswa saat curhat pada Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (29/1/2020).
Salah satu upaya yang dilakukan, Khofifah langsung berkirim pesan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Ia berharap lekas dilakukan langkah evakuasi sebelum para mahasiswa terjangkit virus Corona.
Khofifah menambahkan, sebelum ada langkah evakuasi. Menlu juga memastikan logistik para mahasiswa terpenuhi.
“Kami melakukan ikhtiar dengan Menlu sangat intensif, harapannya logistik tidak kekurangan. Karena beberapa toko tutup, mereka kesulitan mengakses bahan logistik,” ungkap Khofifah.
Selain itu, usai berkirim pesan kepada Menlu, Khofifah menyampaikan bahwa Menlu telah menyiapkan upaya evakuasi. Finalisasi pembahasan evakuasi ini juga hampir rampung.
“Kami dalam satu koordinasi dengan kemenlu, saya tidak bisa bilang kapan (dievakuasi). Tapi bu Menlu mengatakan sekarang ini sedang finalisasi evakuasi. Menghitung pesawatnya dan seterusnya,” pungkasnya. (ab/ip).
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!