Shalat Jumat ditiadakan, Jemaah Masjid Al-Falah Surabaya Kesal

  • Bagikan
Pemandangan yang tak biasa di masjid Al-Falah Surabaya saat waktu shalat Jum’at pada 20/03/2020 
Surabaya | Mengantisipasi penyebaran Covid-19 Pengurus Masjid Al-Falah Surabaya meniadakan Shalat Jumat. Langkah tersebut mendapat protes keras dari salah satu jemaah yang ngotot untuk tetap melaksanakan shalat Jum’at.
Salah satu langkah protes yang dilakukan oleh jemaah yang bernama Abdul Moeis Oesman (78) yaitu mematikan televisi milik Masjid Al-Falah yang berisi imbauan ‘Tidak Ada Salat Jumat, Diganti Salat Dhuhur’.
Oesman berusaha masuk ke ruangan tengah masjid namun hal itu gagal karena masjid dalam keadaan terkunci. Dalam himbauannya pihak masjid menutup dengan alasan masjid menggunakan karpet sebagai alas jemaah shalat.
Dari saking kesalnya kemudian Oesman berdebat dengan beberapa jemaah, bahwa dirinya tetap ingin mendirikan Shalat Jumat.
“Siapa yang di sini mau Jumatan silahkan ayo di sisi sini. Kalau yang mau zuhur silahkan di sisi barat sana, monggo yang Jumatan saya pimpin,” kata Oesman kepada para jemaah yang ada di Masjid Al-Falah Surabaya, Jumat (20/3/2020).
Tampak mayoritas jemaah memilih untuk melaksanakan shalat Zuhur diteras masjid, sementara shalat Jumat langsung diimami oleh Oesman dengan diikuti 13 jemaah yang awalnya hanya 7 orang jemaah.
Sementara itu, usai shalat Oesman mengatakan awalnya ia akan shalat Jumat di deket rumahnya namun karena ia tidak membawa masker sesuai himbauan pihak masjid akhirnya dirinya pindah ke masjid Al-falah.
“Saya awalnya bingung kenapa ini, hanya karena virus cina (corona) salat sampai diatur begini. Akhirnya saya langsung ke Al Falah, lah di sini malah tidak boleh salat Jumat,” kata Oesman
Oesman merasa bahwa shalat Jumat itu tidak perlu ditiadakan karena itu adalah shalat wajib dan hanya satu minggu sekali.
“Salat Jumat sekali seminggu, Salat zuhur setiap hari, jadi kita tidak boleh meninggalkan salat wajib, apalagi Salat Jumat,” pungkasnya. (ba/mh)
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!