Intensitas Hujan Deras, Longsor Timpa Rumah Warga

  • Bagikan
Foto : dok. Istimewa
Ponorogo | Bencana longsor terjadi di Desa Munggu Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo, pagi tadi sekitar pukul 04.00 WIB Rabu (15/1/2020). Bencana alam ini mengakibatkan sebagian dapur Pak Bonasir (65) tertimbun tumpukan material tanah dan batu.
Menurut BPBD kabupaten ponorogo kawasan disekitar tempat kejadian memang berbahaya dan rentan terjadi longsor susulan, ditambah material batu-batuan besar mengancam keselamatan warga yang ada disekitar, BPBD merekomendasikan agar warga pindah, mengantisipasi akan banyak batu yang longsor.
“Rekomendasinya harus pindah, karena kalau longsoran itu dibersihkan banyak batu dari atas yang longsor ke bawah nantinya,” tutur Setyo Budiono, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo.
Menurutnya, tebing yang berada disebelah rumah korban menjadi pemicu longsor yang mencapai ketebalan 3 meter yang didominasi oleh bebatuan, ditambah lagi dengan hujan deras yang membuat tanah setinggi 12 meter tersebut longsor.
“Awalnya ada retakan di tebing ditambah hujan deras pada Selasa (14/1) kemarin hingga mengakibatkan longsor,” imbuh Budi. 
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo ini mengingatkan kepada masyarakat terkait bencana hidrometeorologi yang mengancam Jawa Timur. Budi pun menghimbau agar warga tetap waspada ketika hujan deras datang.
“Kalau intensitas hujan deras dan durasinya lama perlu diwaspadai, harus segera mengungsi mencari tempat aman,” pungkasnya. (mh/ip).
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!