Giliran Bupati Mojokerto Yang Diperiksa KPK

  • Bagikan
Bupati Mojokerto, Pungkasiadi (Foto : dok. Istimewa)
Mojokerto | Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periksa Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, rabu (29/1/2020) hari ini. Dia diperiksa sebagai saksi terkait kasus pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka eks Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP).
Setibanya di Mapolres Mojokerto Kota, Pungkasiadi langsung masuk ke ruang pemeriksaan di aula Wira Pratama yang berada di lantai dua, Bupati Mojokerto tersebut di periksa kurang lebih selama 3 jam dan berlangsung tertutup.
Setelah pemeriksaan selesai Bupati Mojokerto ini memberikan komentar terkait pemeriksaanya. Dia mengaku dicecar penyidik KPK terkait kasus TPPU yang menjerat mantan Bupati MKP.
“Dulu kan saya pernah dimintai keterangan masalah TPPU Pak MKP. Jadi hari ini saya hanya menegaskan,” kata Pungkasiadi kepada wartawan di Mapolres Mojokerto Kota, Jalan Bhayangkara, Rabu (29/1/2020).
Dalam meteri pemeriksaanya pria yang juga aktif di kepengurusan partai ini mengelak jika penyidik menanyakan terkait aset-aset yang dimilikinya sewaktu menjadi Wakil Bupati Mojokerto.
“Kalau ngomong beberapa aset, saya tidak seberapa tahu. Tadi saya sampaikan juga kalau memang posisinya periode pertama itu saya banyak yang kurang tahu,” terangnya.
Pungkasiadi resmi terpilih menjadi Wakil Bupati Mojokerto bersama MKP setelah memenangi pilbup Kabupaten Mojokerto Tahun 2015 lalu, dan semenjak MKP di copot dari jabatannya Dia menggantikan posisinya sebagai Bupati Mojokerto.
Selain terkait kasus suap tersebut penyidik KPK juga menanyakan soal jual beli jabatan selama periode kepemimpinan MKP namun Pungkasiadi berdalih tak mengetahui terkait persoalan tersebut, ia menambahkan jikapun ada praktik tersebut pasti terjadi pada periode pertama MKP 2010-2015.
“Itu (jual-beli jabatan) periode Bapak (MKP) yang pertama, saya tidak tahu,” ungkapnya.
Tidak hanya Bupati Mojokerto, Penyidik juga memeriksa Kepala BPKAD Kabupaten Mojokerto Mieke Juli Astuti yang mana merupakan istri mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Zainal Abidin yang juga ditahan KPK. 
Sementara ada 5 pengusaha yang dimintai keterangan oleh penyidik salah satunya adalah seorang kontraktor Ayub Busono Listiawan.
Sebelumnya MKP dijerat sebagai tersangka akibat kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU), kasus dugaan suap dan gratifikasi, yang diduga Mustofa menyimpan sebagian uangnya di Perusahaan milik keluarganya. (sw/bs).
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!