Lindungi ASN dari Virus Corona, Inilah Kebijakan Gubernur Jatim

  • Bagikan
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Surabaya | Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuat kebijakan baru dalam rangka melindungi ASN dari penyebaran Virus Corona. Salah satu langkah yang diambil adalah memutuskan bahwa ASN Pemprov bekerja sehari di kantor dan sehari di rumah.
“Demi perlindungan kita semua, juga kita bisa memonitor dengan baik. Saya putuskan ASN Pemprov Jatim mulai besok Senin sampai seminggu ke depan, sehari kerja di kantor sehari kerja di rumah,” kata Khofifah saat jumpa pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (22/3/2020).
Khofifah mengatakan bahwa penerapan kebijakan sehari kerja di kantor dan sehari di kerja di rumah ini mulai berlaku sejak senin (23/3) hingga Minggu (5/4).
“Jadi juga ujian nasional, siswa sekolah di rumah, dan juga ASN sehari kerja di kantor, sehari kerja di rumah. Semuanya sampai 5 April 2020,” kata Khoffiah.
Penyebaran wabah Virus Corona sudah berada pada seluruh daerah sehingga Khofifah memandang perlu untuk mengeluarkan kebijakan tersebut. Disisi lain Khoffiah menyebut, para ASN selama ini tidak terbiasa dengan rule kerja shift yang diterapkannya setelah wabah virus corona merebak.
“Kita lakukan evaluasi ada dari inspektorat provinsi. ASN semestinya masuk shift pertama jam 8 sampai 11.30, shift berikutnya jam 12 sampai 15. Ternyata ada yang jam 11.30 belum selesai kerjaannya. Karena belum selesai, mereka meneruskan sampai shift dua. Bahkan ada yang dari pagi tetap masuk, karena merasa dirinya punya tugas. Akhirnya kita ambil putusan itu,” jelasnya.
Terkait dengan mekanisme dari kebijakan tersebut, Khofifah memerintahkan pimpinan masing-masing OPD untuk di koordinasikan. Selain itu Ia juga meminta kepada para ASN untuk terus menjaga kesehatan dan kebersihan sesuai SOP yang ada.
“Meski sehari di kantor, sehari di rumah tetapi dengan SOP sama. Bahwa mereka tetap jaga social distancing terus cuci tangan, menjaga sanitasi kantor,” pungkasnya. (ab/mh)
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!