Inilah Ramuan Penangkal Covid-19 Menurut Warga Pesisir Sumenep

  • Bagikan
Ilustrasi ramuan jamu tradisional.
Sumenep | Diujung timur pulau Madura terdapat sebuah desa yang didalamnya dihuni oleh warga yang meyakini ramuan tradisional sebagai obat yang mampu menangkal virus corona (covid-19)
Desa tersebut bernama Ambunten Timur, Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep. Warga di Desa tersebut memanfaatkan bahan ramuan tradisional yang ada di sekitar pekarangan rumah yang kemudian diracik menjadi jamu.
Jamu tersebut dipercaya dapat menjaga kebugaran dan meningkatkan imun tubuh manusia, hingga dapat melawan virus atau bakteri yang meyerang tubuh.
“Kami terus berupaya bersama masyarakat mencegah virus corona. Makanya dengan ramuan tradisional ini kita bisa menjaga imun tubuh dengan baik,” kata Sultanul Abid, Kepala Desa Ambunten Timur, Rabu (1/4/2020).
Ebid, sapaan akrabnya mengaku bahwa ia bersama perangkat desa Ambunten Timur memang sudah berupaya mencegah menyebarnya virus berbahaya itu. Mulai dari Penyemprotan cairan disinfektan ke rumah dan tempat-tempat yang menjadi persinggahan warga bahkan hingga pondok pesantren.
“Jadi warga jangan sampai panik, tapi tetap saja (harus) waspada dan bahu membahu mencegah penyebaran virus corona. Makanya warga diberi edukasi agar benar-benar menjaga hidup sehat,” ujarnya.
Ebid menambahkan bahwa warga perlu diberi pemahaman tentang kegunaan dan pembuatan ramuan itu, agar bisa dikonsumsi setiap hari. Sebab ramuan tradisional yang dapat meningkatkan kebugaran dan imun tubuh itu diyakini bisa memutus rantai penyebaran virus corona.
“Jadi bagi warga yang belum tahu soal ramuan itu. Kami beri edukasi, supaya semua warga di sini bisa mengonsumsi secara rutin,” ucap Ebit.
Ebid menyebutkan bahwa bahan-bahan ramuan tersebut antara lain kunyit, temu lawak, daun sirih, air kapur yang bersih, serta air masak. Cara membuatnya tidak susah, semua bahan yang sudah siap dibersihkan, kemudian dihaluskan dan diambil sarinya, baru dicampur air masak secukupnya.
Sementara itu Rafi’e, salah seorang warga desa Ambunten Timur mengaku bahwa sangat senang dan mendukung aparatur Desa untuk memproduksi ramuan tersebut. Karena menurutnya ramuan tersebut benar-benar membuat tubuh terasa sehat dan bugar.
“Kalau usai minum ramuan itu tubuh terasa segar. Jadi sangat cocok jika tubuh kita sehat dan mampu melawan virus yang menyerang tubuh” tandas Rafi’e. (mj/shaf)
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!