65 Orang Warga Jatim Pulang, Usai Jalani Karantina di Natuna

  • Bagikan
Foto : Suasana haru saat mahasiswa bertemu keluarganya di Bandara Juanda
Sidoarjo | Sejumlah 65 orang warga Jawa Timur dari Wuhan China pulang ke kampung halaman setelah menjalani karantina di Natuna. Sekretaris Daerah Pemprov Jatim mengatakan sebanyak 62 orang yang mendarat di Bandara Juanda pukul 22.16 WIB. 
“Jumlah yang tiba 62, yang tiga pulang sendiri. Dua dijemput keluarganya di Jakarta, satu langsung dari Jakarta ke Banyuwangi,” kata Heru Tjahyono, Sabtu (15/2/2020) malam.
Diketahui sebelumnya, mereka seluruhnya merupakan mahasiswa yang kuliah di China, dipulangkan oleh Pemerintah karena adanya virus Corona yang mewabah di Wuhan China. Pertemuannya dengan keluarga diwarnai pelukan dan tangisan. Sebab, pihak keluarga sudah menunggu sejak sekitar pukul 18.30 WIB di bandara.
Selain itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beserta beberapa jajaran Pemprov Jatim turut serta menyambut kedatangan rombongan, pihaknya memastikan kondisi para mahasiswa dalam keadaan sehat dan tidak terpapar Virus Corona, setelah diobservasi selama 14 hari di Natuna.
“Sebetulnya secara kesehatan ini sudah semua dinyatakan selesai, setelah melakukan proses inkubasi kali dua observasi sudah selesai, mereka sudah mendapat surat keterangan sehat dari Kementerian Kesehatan. Berarti sudah selesai,” ujar Khofifah usai menyambut rombongan.
Khofifah melanjutkan, pasca menjalani observasi di Natuna Pemprov juga akan memberikan bantuan pemeriksaan psikologis atau medis kepada para mahasiswa. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan tiga rumah sakit jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
“Pemprov ini punya tiga rumah sakit yang memiliki ruang isolasi, satu dr Soetomo Surabaya, dua Syaiful Anwar Malang, tiga Sudono Madiun. Nah, tiga-tiganya ini sebetulnya siap memberikan support jikalau any time ada keluarga yang membutuhkan konfirmasi,” pungkas Khofifah. (md/ip)
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!