Mendag Dapati Harga Gula dan Cabai Naik Saat Sidak di Pasar Wonokromo Surabaya

  • Bagikan
Mendag saat sidak di pasar Wonokromo Surabaya (Foto : dok. Istimewa)
Surabaya | Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto melakukan sidak mendadak di pasar wonokromo. Pihaknya melakukan inspeksi di pasar dengan tujuan memantau harga kebutuhan pokok, dan hasilnya Agus mendapati harga gula dan cabai yang naik.
Berdasarkan pantauan di lapangan, harga gula dan cabai memang dijual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni 12.500 sedangkan penjual dipasar wonokromo menjual gula di harga 13.000-13.500, setelah operasi dilakukan harga yang dijual menjadi 11.500/kg.
“Cukup stabil, memang ada beberapa sedikit kenaikan berkaitan dengan stok yang dulunya masih ada, beberapa hal yang mengandalkan stok dari produsen. Namun demikian ini akan teratasi, tapi ini akan turun dengan operasi pasar yang telah kita lakukan,” kata Agus di Pasar Wonokromo Surabaya, Jumat (31/1/2020).
Ia menambahkan, untuk harga beras masih stabil di bawah HET, untuk itu Agus dan jajarannya langsung melakukan cek stok sampai september mendatang.
“Di sini memang beras cukup stabil dan Itu harganya masih di bawah HET, jadi berkaitan gula memang naik sedikit kenaikannya tapi kami melakukan operasi pasar dan melakukan cek stok dan kita juga lakukan koordinasi memang beberapa produsen stok September masih ada. Namun demikian kita akan melakukan operasi pasar apabila ada kenaikan harga,” imbuhnya.
Sementara untuk cabai sendiri Agus menyebut bahwa kenaikan harga di pasar di picu dari cuaca, pihaknya menyebut bahwa harganya sudah ber angsur turun dari harga semula mencapai rupiah 80 ribu kini menjadi rupiah 62-65 ribu/kg.
“Alhamdulillah yang lain-lain (ndak naik), cabai agak tinggi karena musim penghujan tapi sebentar lagi akan stabil. Tadi mengenai telur, ayam, daging, saya lihat tabel dan bagus harganya dan harganya di bawah eceran tertinggi,” pungkas Agus. (ba/ip)
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!